Selasa, 11 April 2017

TIPS MELESTARIKAN LINGKUNGAN SEKOLAH

               Sekolah merupakan salah satu tempat bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga bisa bermanfaat bagi masa depan. Sebagai salah satu lembaga formal dalam bidang pendidikan, sekolah harus bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar. Lingkungan yang kondusif tentu akan menambah minat belajar siswa. Sebaliknya, lingkungan yang kurang terawat bisa membuat siswa tidak nyaman dan bahkan bisa stres.
               Tentulah sebagai warga sekolah kita wajib menaati peraturan dan menjaga lingkungan sekolah. Masing- masing kalangan memiliki perannya tersendiri. Peran guru dan karyawan tentu tidak selalu sama dengan peran siswa karena ada hal- hal yang bisa dilakukan guru dan karyawan namun tidak bisa dilakukan siswa dan sebaliknya. Pertama, kami akan membahas mengenai tips bagi siswa dalam menjaga dan merawat lingkungan sekolahnya.
1.    Menjaga dan merawat lingkungan sekolah secara internal.
a.    Menaati semua peraturan sekolah, dalam hal ini juga peraturan mengenai lingkungan sekolah.
b.    Menanam tanaman yang bermanfaat misalnya tanaman obat- obatan dan buah- buahan.
c.    Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenisnya dan menempatkan tempat sampah tersebut di lokasi yang strategis.
d.    Membuat jadwal piket kelas harian dan menunjuk seksi kebersihan kelas yang bertugas untuk mengawasi dan mengontrol kebersihan kelas.
e.    Menghemat penggunaan air, listrik dan energi lainnya.
f.    Memanfaatkan kembali sampah- sampah yang masih bisa dipakai seperti membuat kerajinan tangan dari barang bekas, misalnya membuat bunga dari sedotan bekas.
g.    Mengadakan kegiatan sekolah bertemakan lingkungan, misalnya kerja bakti mingguan dan kegiatan ekstrakurikuler pecinta alam dan lingkungan.
2.    Menjaga dan merawat lingkungan secara eksternal.
a.    Mengadakan karya wisata atau kunjungan ke luar dalam rangka meningkatkan  kesadaran menjaga dan merawat lingkungan.
b.    Mengikuti kegiatan bertemakan lingkungan seperti lomba yang diadakan pihak luar sekolah untuk menambah wawasan dan pengalaman.
Peran guru dan karyawan dalam menjaga dan merawat lingkungan sekolah.
1.    Membuat kebijakan- kebijakan mengenai lingkungan sekolah disamping peraturan sekolah yang sudah ada.
2.    Menyusun program- program yang diperuntukkan bagi seluruh warga sekolah dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan/ sekolah hijau.
3.    Mengadakan kegiatan- kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat siswa dalam mencintai lingkungan seperti lomba kebersihan antarkelas, melukis bertemakan alam atau lingkungan, dsb.
               Nah, agar terwujud sekolah yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar maka semua pihak harus senantiasa bekerja sama. Hendaknya orang tua, masyarakat dan pemerintah pun selalu mendukung kegiatan- kegiatan positif yang ada di lingkungan sekolah.  Kita sebagai siswa tentunya tidak boleh tinggal diam. Mengamalkan tips- tips seperti di atas tidak hanya akan menguntungkan banyak pihak, tapi juga bagi diri sendiri. Kita bisa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, mandiri, menambah wawasan dan pengetahuan serta lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Sehingga akan terbentuk siswa yang berwawasan lingkungan, cinta dan peduli pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sumber:http://smpnbambanglipuro.blogspot.co.id/2013/04/tips-melestarikan-lingkungan-sekolah.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar